Select Page

Kenapa Barang Hasil Pengiriman dari Luar Negeri Mahal?
Barang impor merupakan barang yang berasal dari pengiriman dari luar negeri. Umumnya harga barang tersebut dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal ketika tiba di Indonesia dibandingkan dengan harga di negara asalnya. Ada beberapa alasan mengapa harga barang tersebut lebih mahal, simak penjelasan berikut ini.

1. Nilai Tukar Mata Uang

Nilai mata tukar mata uang setiap negara sangat berpengaruh terhadap hubungan dagang seperti ekspor impor antar negara. Apabila nilai tukar nata uang sebuah negara tinggi maka ekspornya akan lebih mahal dan impornya akan lebih murah di pasar luar negeri. Begitupun sebaliknya, apabila nilai tukar mata uang sebuah negara rendah maka ekspornya akan lebih murah dan impornya akan lebih mahal di pasar luar negeri.
Mata uang Indonesia yakni rupiah lebih sering lemah nilai tukar mata uangnya. Olah karena itu tidak perlu diherankan lagi apabila barang impor memiliki harga yang cukup fantastis ketika tiba di Indonesia. Adanya kebijakan devaluasi dari pemerintah yakni menurunkan nilai mata uang di dalam negeri terhadap asing juga turut membawa pengaruh terhadap mahalnya harga barang impor di Indonesia.

2. Penetapan Tarif Bea Masuk

Anda tentu pernah mendengar mengenai bea masuk yang diberlakukan untuk semua barang impor. Ya, ini adalah salah satu penyebab dari mahalnya harga barang hasil pengiriman dari luar negeri. Setiap barang impor yang masuk ke Indonesia pastinya dikenakan bea masuk sesuai yang dituangkan di dalam Peraturan Menteri Keuangan mengenai Batasan Harga Barang yang Dikenakan Bea Masuk. Apalagi untuk barang impor yang tidak memiliki nilai guna atau tidak berpengaruh dengan perekonomian nasional seperti halnya barang-barang branded.

Pengiriman Via Cargo Murah

Apabila Anda menerima barang impor yang mahal dan branded maka barang tersebut akan dikenakan biaya pajak barang. Besarnya biaya pajak tersebut sesuai dengan negara tujuan. Tarif yang ditarik merupakan cara dari pemerintah guna mendapatkan pemasukan untuk anggaran belanja negara. Jadi, jangan heran bila Anda membeli brang branded dari luar negeri dan harus membayar biaya tambahan ketika barang tersebut tiba di Indonesia.

3. Shipping Lokal

Salah satu penyebab lain dari mahalnya harga barang impor adalah shipping lokal. Shippig lokal merupakan pengiriman dari toko ke jasa pengiriman internasional. Sebagai contoh, shipping lokal dari Cina yakni pengiriman barang yang berasal dari toko di Cina ke jasa pengiriman internasional Cina. Setelah barang tiba di Indonesia, maka barang tersebut akan disambut oleh jasa importir atau agen yang ada di Indonesia.
Nah, dari agen inilah barang kiriman tersebut dikenakan biaya tambahan yakni cost local shipping dari kota tersebut ke rumah. Biaya inilah yang bisa berakibat pada kurangnya keuntungan penjualan bagi penjualnya, sehingga mereka harus pintar dalam menaikkan harga jual guna memperoleh margin dan menutupi kerugian.

4. International Shipping

Biaya pengiriman barang secara internasional akan dikenakan biaya yang lumayan mahal, baik itu pengiriman jalur darat, jalur udara maupun jalur laut. Ketiganya memiliki biaya logostik yang sangat tinggi sehingga banyak pihak importir yang mengeluh terkait biaya pengiriman barang. Untuk pengiriman barang via jalur laut memiliki estimasi waktu kurang lebih 45 hari, sementara jalur udara akan memakan waktu 7 hingga 10 hari. Biaya dari port charge sangat mahal hingga bisa mencapai puluhan juta rupiah bahkan lebih tinggi daripada biaya untuk membayar pajak impor itu sendiri.

5. Risiko

Meskipun tidak terhitung secara jelas, namun risiko patut dimasukkan sebagai alasan dari mahalnya harga barang impor. Keberanian dalam mengambil risiko bisa dikatakan suatu langkah yang tidak mudah karena setiap barang impor yang diterima belum tentu memiliki bentuk sesuai dengan harapan, bisa jadi barang tersebut cacat dalam perjalanan ataupun memang dikirim dengan keadaan di luar ekspektasi.

Dapatkan harga Sewa Kapal Pesiar

Bukan hal yang tidak mungkin mengalami penipuan, karena telah banyak korban dari hadirnya supplier bodong yang merugikan para konsumennya. Oleh karena itu Anda harus memastikan lebih dulu supplier ter[ercaya dan memiliki track record yang bagus. Anda bisa melakukan beberapa riset atau bertanya pada teman yang telah memiliki pengalaman dengan supplier terpercaya.
Itulah beberapa hal yang menyebabkan harga barang pengiriman dari luar negeri lebih mahal. Semoga bermanfaat.

Call Now
WhatsApp